Tips Merawat Piano Akustik

Meskipun sebagian orang bisa memainkan piano,namun sangat sedikit yang mengenal piano secara keseluruhan.Maksudnya seseorang bisa memainkan piano belum tentu bagaimana merawat piano dengan baik.Sering pula seseorang berpikir selagi piano terebut masih menghasilkan suara dan masih bisa dipakai,piano tersebut masih bagus.Hal ini sangat keliru.Bagus luarnya belum tentu baik dalamnya.Nah berikut ini beberapa carauntuk merawat piano.

Tuning Piano

Lakukan tuning/stem secara teratur. Tuning adalah menyelaraskan dan mengembalikan kembali suara piano pada kunci yang seharusnya, misalnya jika kunci C harus sesuai dengan nada C serta tidak melenceng dari itu atau lebih rendah atau lebih tinggi.

Jika anda memiliki piano akustik, anda harus rajin memperhatikan jadwal tuningnya. Piano yang dimainkan baik secara rutin atau tidak, atau tidak dimainkan sama sekali harus mendapat perawatan paling sedikitnya harus dituning sekali dalam 6-8 bulan.Hal ini guna untuk menjaga kestabilan, dan keprimaan suara piano tersebut.Jika piano akustik dipindah dari satu tempat ke tempat lain,atau dari rumah satu ke rumah lain, piano perlu mendapatkan perhatian khusus yaitu tuning, karena setiap pemindahan akan membawa dampak pada kualitas suara piano itu sendiri.

Menjaga Suhu di Ruang Piano

Agar tetap stabil piano sepatutnya ditempatkan di ruang tertutup atau paling baik di rungan AC.Karena ruangan AC akan selalu kering dan suhunya tetap stabil. Jika suhu di ruangan terus berubah-ubah maka piano akan cepat berkarat atau berjamur.Jika hali ini terjadi,maka piano akustik yang masih berusia dua tahun sekalipun akan terlihat tua.Apabila menempatkan piano akustik anda di ruang tamu,jangan sekali kali menempatkan piano didekat jendela atau pintu.Mengapa demikian? Karena udara yang masuk dari jendela dan pintu tersebut akan langsung masuk ke piano anda.Ingatlah jika piano akustik terbuat dari kayu dan stringnya terbuat dari baja.Kedua bahan ini tidak bisa terkena air atau berada pada suhu yang lembab.Kemungkinan yang terjadi jika piano akustik diletakkan dekat jendela atau pintu,maka bod