Batasan Mulai Les Piano

Les piano kini sudah menjadi bagian penting dalam pendidikan anak khususnya dalam pengembangan minat dan bakat. Banyak orang tua mendaftarkan anaknya ikut les piano dengan harapan putra-putrinya dapat memainkan lagu di piano dengan indah. Tentunya sangat membanggakan bila kita mempunyai anak yang pandai bermain piano.

Apakah ada batasan usia untuk mulai les piano? Usia berapakah yang paling baik untuk mulai belajar piano (les piano)?

Sebenarnya siapapun dan berapapun umurnya bisa ikut les piano, hanya saja kalau ingin putra-putri kita dikemudian hari disaat ia dewasa kelak mereka pandai bermain piano maka sebaiknya dari kecil disediakan jadwal khusus untuk les piano.

Idealnya rentang umur 6 s/d 11 tahun merupakan usia baik untuk mulai didaftarkan les piano. Tapi ingat! Sebenarnya patokan umur selalu dapat bervariasi tergantung keadaan mental dan perkembangan musikal setiap anak.

Bagaimana bila usia balita didaftarkan les piano? Apakah umur 3 tahun sudah bisa ikut les piano? Nah, kalau umur 3 tahun bagusnya dimasukkan ke kelas musik playgroup, dikelas tersebut anak dikenalkan dengan musik, dilatih merasakan dan menikmati musik, belum diajarkan piano secara khusus.

Umur 4 tahun sudah bisa didaftarkan les piano tapi tidak langsung diajarkan satu atau beberapa buah lagu karena jari-jarinya masih terlalu kecil dan berat untuk menekan tuts piano, harus ekstra sabar agar benar-benar bisa menekan tuts piano dengan baik. Usia 4 s/d 5 tahun belajar piano dengan cara belajar sambil bermain. Jadi, sebagai orang tua jangan terlalu ngotot atau kesal kalau putra-putrinya membutuhkan waktu lama sekali untuk bisa sekedar memainkan satu buah lagu saja.

Bagaimana kalau ingin les piano tapi usianya sudah diatas 11 tahun? Apakah bisa berkembang dengan baik

Tergantung tujuan kita atau anak kita ingin les piano itu untuk apa? Apa ikut les piano tujuannya ingin jadi pianis hebat dan terkenal seperti Maxim / David Foster? Atau sekedar hobi atau untuk mengisi waktu luang atau mungkin hanya ingin menyalurkan bakat dan minat saja? Kalau hanya untuk hobi atau menyalurkan minat dan bakat maka usia dewasa tidak menjadi masalah ikut les piano.

Perlu diketahui, saya (penulis) sebagai pengajar piano selain mengajar anak2 dan dewasa pernah juga punya murid usia 40 tahun bahkan saya juga pernah mengajar piano ibu-ibu pensiunan yang semangat mereka ikut les piano sekedar hobi dan mengisi waktu luang.

Kalau ingin anak kita pintar bermain piano dan dikemudian hari menjadi pianis handal maka selayaknya dari kecil diikutkan les piano, dan sebagai orang tua harus mendukung dan mengawasi anaknya latihan piano dirumah dengan porsi latihan minimal sehari 3 jam! Bila jadwal anak terlalu padat maka bisa dikurangi menjadi sehari 1 jam latihan piano. Jangan latihan hanya saat mau berangkat les piano saja, setelah les piano selesai, tidak latihan lagi dirumah, jangan seperti itu. Kalau seperti itu maka jangan heran kemajuannya sangat lambat, mungkin para orang tua akan berkomentar,

”mengapa anak saya tidak ada kemajuan?”, “dari dulu kayanya lagunya cuma itu-itu aja…”, “duh, payah bener, masa setahun les piano belon bisa apa-apa!” dll.

Ingat! Pianis-pianis kelas dunia selalu meluangkan waktu sehari minimal 5 jam berlatih piano, apalagi menjelang konser, mereka bisa menghabiskan waktu sehari 7 jam lebih berlatih piano!

Nah, kalau jadwal anak terlalu padat dan latihan piano dirumah hanya 1 jam saja dalam seminggu, itupun latihan sebelum berangkat les piano, harap maklum kalau putra-putri anda tidak maju-maju bermain pianonya. Tapi bila anda hanya berharap les piano sebagai minat dan hobi saja maka tidak mengapa latihan dirumah cukup seadanya saja.